Pada pembahasan kali ini akan mengulas tentang komponen perangkat Input dan Output pada Komputer. Selamat belajar dan menimba ilmu, semoga yang dibahas kali ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan buat para pembaca sekalian.

A. Pengertian dan fungsi peralatan input pada komputer

Peralatan input pada komputer adalah perangkat yang memberikan perintah langsung atau data ke peralatan proses pada komputer untuk diproses kemudian dikeluarkan berupa informasi kepada pengguna. Peralatan input merupakan bagian komputer yang mempunyai peranan yang sangat penting karena langsung berhubungan dengan user atau pengguna komputer. Berikut adalah macam-macam peralatan input pada komputer dan fungsi masing-masing komponen tersebut. Berikut ini contoh macam-macam dan fungsi peralatan input komputer :

  1. Keyboard
    Merupakan peralatan input pada komputer yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah berupa angka, huruf maupun symbol, Keboard disebut juga papan ketik pada komputer. keyboard sendiri terdiri dari susunan huruf A s/d Z dan angka 0 s/d 9 dan ada beberapa symbol seperti titik dua, koma, titik dan lain-lain, juga terdapat tobol sortcut yang memudahkan kita untuk mengoperasikan komputer.
  1. Mouse
    Mouse adalah peralatan input pada komputer yang berfungsi untuk menggerakan pointer pada layar monitor. Mouse sangat berguna untuk sistem operasi yang berbasis grafis.
  1. Joy Stick
    Joy Stick adalah alat input yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer.
  1. Scanner
    Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin foto copy, akan tetapi dengan scanner data dapat diubah dalam bentuk file sehingga dapat disimpan ke dalam harddisk komputer.
  1. Mikropon
    Alat yang digunakan untuk memasukan data berupa suara ke komputer.

B. Pengertian dan Fungsi Peralatan Output Pada Komputer

Peralatan Output pada komputer adalah merupakan komponen komputer yang berfungsi menghasilkan informasi yang diperoleh dari hasil proses dari peralatan proses komputer. Output hasil proses dari komputer digolongkan menjadi 4 bentuk yaitu: huruf, gambar, suara dan video. Peralatan output akan menghasilkan informasi untuk manusia sehingga bisa dibaca, dilihat, didengar dan dipahami.

Komputer akan memproses informasi dari peralatan input komputer kemudian menampilkan hasil proses dalam bentuk informasi ke pengguna komputer (manusia). Peralatan output sendiri sangat penting karena akan memberikan informasi secara langsung ke pengguna. Perangkat output juga menjadi suatu keharusan dalam sistem komputer meskipun beberapa peralatan output komputer tersebut dalam kategori periperal komputer / perangkat tambahan. Berikut ini contoh macam-macam dan fungsi peralatan output komputer :

  1. Printer
    Printer merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi mencetak hasil dari proses komputer ke dalam media kertas.Hasil cetakan dari printer dapat berupa gambar maupun tulisan. Printer merupakan komponen komputer yang digolongkan ke dalam peripheral yang sangat penting untuk membantu kerja manusia. Berdasarkan media cetaknya printer ada beberapa macam, yaitu: printer inkjet, printer laserjet dan printer dotmatrik.
  1. Monitor
    Monitor merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan grafik atau gambar sehingga informasi dapat diterima oleh manusia.
  1. LCD Proyektor
    LCD Proyektor mempunyai fungsi sama dengan monitor akan tetapi LCD Proyektor akan menampilkan gambar pada screen agar informasi dapat diterima oleh manusia.
  1. Speaker
    Speaker adalah peralatan output pada komputer yang berfungsi ;untuk mengeluarkan output berupa suara. Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada komputer agar bisa menerima hasil proses berupa suara dari komputer.
  1. Plotter
    Plotter merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk mencetak hasil pemrosesan pada komputer dengan ukuran besar, contoh : baligho.

Itulah sekilas pembahasan tentang komponen input dan output pada perangkat komputer, sebenarnnya masih banyak lagi perangkat input dan output tambahan lainnya yang tidak terbahas disini. Silakan boleh kalian tinggalkan pada kolom komentar input dan output yang kalian ketahui! Semoga pembahasan yang disampaikan disini dapat memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan, sampai jumpa dipembahasan berikutnya. Terimakasih.

Baca Juga :

Sejarah Komputer (Komputer dan Jaringan Dasar)
Pengenalan Komputer (Komputer dan Jaringan Dasar)
Pengenalan MotherBoard (Komputer dan Jaringan Dasar)
Pengenalan Processor (Komputer dan Jaringan Dasar)
Pengenalan RAM dan Card Tambahan (Komputer dan Jaringan Dasar)
Pengenalan Media Penyimpanan (Komputer dan Jaringan Dasar)
Komponen Perangkat Input dan Output Pada Komputer (Komputer dan Jaringan Dasar)
Perakitan Personal Computer (Komputer dan Jaringan Dasar)
Pengenalan Setup BIOS (Komputer dan Jaringan Dasar)
Troubleshooting Pada Komputer (Komputer dan Jaringan Dasar)
×

Hello!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email kepada kami

admin@smkn1panjalu.sch.id

× Ada yang bisa dibantu?