Pada pertemuan kali ini akan membahas seputar pengenalan komputer dan sekilas tentang pengertian, elemen-elemen komputer dan tentunya bagian-bagian yang berkaitan dengan komputer. Selamat Belajar.

A. Pengertian Komputer

Secara umum komputer didefinisikan sebagai rangkaian elektronik yang menerima input data kemudian mengolah data tersebut dan akhirnya akan memberikan hasil dalam bentuk informasi dengan menggunakan suatu program yang tersimpan di memori computer. Selain itu juga dapat menyimpan program dan hasil pengolahan yang bekerja secara otomatis, sehingga akan mempermudah pekerjaan manusia. Komputer merupakan alat informasi, komunikasi dan hiburan.

B. Elemen-Elemen Komputer

Dalam penggunaannya, terdapat 3 (tiga) elemen komputer yang berperan sangat penting, yaitu:

  • Hardware (Perangkat keras)
  • Software (Perangkat Lunak)
  • Brainware (Manusia/Pengguna)

Dalam menggunakan suatu komputer perangkat keras (Hardware) berperan sangat penting. Melalui hardware yang baik, proses dari sebuah komputer akan sangat mendukung kerja orang yang menggunakannya.
Tetapi bukan hanya hardware yang berperan penting, tetapi juga diperlukan adanya suatu perangkat lunak (Software) dan orang yang menjalankannya (Brainware). Pada Brainware ini diperlukan SDM (Sumber Daya Manusia) yang cakap dan mampu menjalankan sistem komputer yang digunakan. Untuk itu selain kecakapan di bidang hardware, juga diperlukan kecakapan di bidang software.

C. Hardware

Hardware komputer merupakan sekumpulan perangkat keras yang ada dalam komputer. Hardware merupakan salah satu elemen dari sistem komputer, merupakan sebuah alat yang bisa dihat dan diraba oleh manusia secara langsung yang mendukung proses komputerisasi. Hardware komputer terdiri dari beberapa komponen ulama, yaitu :

  1. Central Processing Unit (CPU)
    CPU merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program (disebut microprocessor), CPU terdiri dari bagian bagian penting yaitu:
    • Control Unit (CU)
      Control Unit merupakan bagian yang berfungsi sebagai pengatur dan pengendali semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Control Unit juga mengatur kapan alat input menerima data, mengolah dan menampilkan. Sehingga semua perintah dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah yang lain.
    • Algorithmic Logical Unit (ALU)
      Algorithmic Logical Unit merupakan bagian yang melakukan semua perhitungan aritmatika untuk menjalankan suatu perintah.
    • Memory Unit (Mu)
      Memory Unit berfungsi untuk menampung data/program yang diterima dari unit masukan sebelum diolah oleh CPU dan juga menerima data setelah diolah oleh CPU yang selanjutnya diteruskan ke unit keluaran. Pada suatu sistem komputer terdapat dua macam memori, yang penamaannya tergantung pada apakah alat tersebut hanya dapat membaca atau dapat membaca dan menulis padanya. Bagian memori yang hanya dapat membaca tanpa bisa menulis padanya disebut ROM (Read Only Memory), sedangkan bagian memori yang dapat melaksanakan membaca dan menulis disebut RAM (Random Access Memory).
  1. Input Device
    Input Device merupakan perangkat yang berfungsi untuk masukan dan sering disebut juga dengan istilah input unit, perangkat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program. Beberapa perangkat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai terminal. Peralatan yang hanya bertungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung (direct Input) dan tidak langsung (indirect input).
    • Contoh perangkat input langsung (direct input) adalah papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya: mouse, touch screen), Scanner (misalnya: optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya: digitizing camera), voice recognizer (misalnya: microphone).
    • Contoh perangkat input tidak langsung (indirect input) adalah key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.
  1. Output Device
    Output Device merupakan perangkat yang berfungsi mengolah hasil keluaran dari suatu proses baik berupa data maupun berbentuk informasi yang telah diolah. Merupakan aktifitas menerima data dari hasil pengolahan pada bagian pemroses. Jika terdapat data pada aktifitas output ini, berarti pemroses menyerahkan tugas selanjutnya kepada bagian ini. Pada komputer contoh output device ini adalah printer (pencetak). Ketika data output dari pemroses diterimanya maka printer akan melaksanakan tugas yang diterima dari pemroses tadi.

D. Software

Seperangkat hardware yang membentuk sebuah PC (komputer) lengkap tidak dapat bekerja tanpa software didalamnya. Soltware ini yang mengontrol seluruh jalannya hardware yang ada, dan merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Selain itu juga merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, dokumen arsip lainnya dan merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri. Data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Ada beberapa jenis program komputer yang digolongkan dalam software, yaitu operating system, program aplikasi, dan driver hardware.

  1. Software Sistem Operasi
    Sistem Operasi atau biasa disebut Operating System (OS) komputer adalah sekumpulan program komputer yang saling terintegrasi, yang mengelola penggunaan perangkat keras yang terdapat pada sebuah komputer. Fungsi sistem operasi antara lain sebagai manajemen disk dan file, manajemen prosesor, manajemen memory, kontrol tampilan dan suara dan sebagainya. Pendek kata, sistem operasi ini mengontrol seluruh hal yang terjadi dalam operasional sebuah komputer. Banyak macam sistem operasi yang dipakai untuk berbagai keperluan. Masing-masing sistem operasi memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri.
    Berikut ini macam macam sistem operasi:
    • Microsoft DOS (Disk Operating System).
    • Microsoft Windows (Windows 3.1 Windows 95, Windows 98, Windows ME,
      Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows NT
      Server, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server, Windows 7, Windows 8, Windows 10)
    • Linux (SuSE, Red Hat Caldera, Mandrake, Debian, Slakewave, dsb).
    • Mac OS
    • IBM O/S 2 Warp
    • UNIX (Sun Solaris. AIX, SCO, dan lain lain).
  1. Software Program Aplikasi
    Program aplikasi atau biasa disebut aplikasi, merupakan program yang berjalan pada sistem operasi dan dibuat untuk membantu user mengerjakan sesuatu dalam meningkatkan produktivitasnya. Ada banyak sekali jenis aplikasi, diantaranya:
    • Aplikasi bisnis dan perkantoran.
      Aplikasi bisnis dan perkantoran didominasi oleh Microsoft Office. Microsoft Office ini memiliki kumpulan aplikasi yang sangat familiar dengan pengguna, yaitu Ms Word, MS Excel, Ms Power Point, Ms Access, MS Outlook dan Ms Publisher. Sedangkan aplikasi bisnis yang berjalan pada Linux antara lain, Star Office dan K-Office.
    • Aplikasi untuk hiburan dan entertainment.
      Untuk aplikasi hiburan dan entertainment kita mengenal dengan Windows Media Player WinAm, Jet Audio, XingMPEG, dan sebagainya.
    • Aplikasi untuk komunikasi.
      Aplikasi untuk komunikasi, kita kenal dengan MIRC, Ms Netmeeting, Ms Outlook Express, ICO, dan sebagainya.
    • Aplikasi grafis dan multimedia.
      Aplikasi grafis dan multimedia, kita mengenal Adobe Photoshop, CorelDraw, Macromedia Freehand, ACDSee, dan sebagainya.
    • Aplikasi teknik (CAD/CAM). Aplikasi teknik, kita kenal Ms Visio, AutoCAD, dan sebagainya.
    • Aplikasi untuk utility dan anti virus.
      Aplikasi untuk utility dan anti virus, kita mengenal Norton Utility, Norton Antivirus, McAfee Virus Scan, dan sebagainya.
    • Aplikasi untuk pemrograman komputer.
      Aplikasi untuk pemrograman komputer, kita kenal Visual Basic, Delphi, C++, dan sebagainya.
    • Aplikasi server.
      Aplikasi server, kita kenal Ms Personal Web Server, IIS untuk Win NT dan Win 2000, Ms Exchange untuk mail server Apache Web Server, dan sebagainya.

E. Brainware

Brainware merupakan bagian penting dari sebuah sistem komputasi. Hardware tidak dapat bekerja tanpa software, sedangkan hardware dan software tidak dapat bekerja tanpa brainware. Brainware dapat diartikan sebagai perangkat intelektual (dalam hal ini otak manusia) yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware dan software yang ada. Ada beberapa jabatan yang disandangkan pada brainware sesuai dengan fungsinya masing-masing. Diantaranya adalah Programmer, System Analyst, System Administrator, Database Administrator, Database Engineer, System Integrator, Network Designer, Network Engineer, Software Engineer, Hardware Engineer, System Auditor, dan User.

  1. Programmer
    Merupakan orang yang membuat sebuah aplikasi dengan bantuan tool programming yang tersedia.
  2. System Analyst
    Merupakan orang yang mempelajari sebuah proses bisnis, dan menuangkannya dalam sebuah rancangan sistem, sehingga setiap proses bisnis yang terjadi dapat diwujudkan dalam sistem komputerisasi yang terintegrasi.
  3. System Administrator
    Merupakan orang yang bertugas untuk mengelola sebuah sistem komputer yang dirancang oleh System Analyst dan dibuat oleh Programmer.
  4. Database Administrator
    Merupakan orang yang mengelola sebuah sistem database.
  5. Database Engineer
    Merupakan orang yang merancang sebuah sistem database, sehingga sistem ini dapat mengakomodir kebutuhan pengelolaan data, baik saat ini maupun yang akan datang.
  6. System Integrator
    Merupakan orang yang membangun sistem komputer yang telah dirancang oleh System Analyst dan mengintegrasikan sistem yang ada dengan sistem yang mungkin akan dibangun kemudian hari.
  7. Network Designer
    Merupakan orang yang merancang sebuah sistem jaringan komputer untuk menghasilkan sebuah jaringan komputer yang efektif dan efisien dalam hal performa pertukaran data dan beban pengeluaran untuk membangunnya.
  8. Network Engineer
    Merupakan orang yang merancang teknik-teknik baru dalam bidang networking. Dia bertanggungjawab untuk mengembangkan metode-metode baru untuk menghasilkan sesuatu yang berguna untuk bidang networking.
  9. Software Engineer
    Merupakan orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah software (aplikasi driver maupun sistem operasi).
  10. Hardware Engineer
    Merupakan orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah hardware sehingga muncul sebuah produk baru dengan teknologi yang lebih baik dari sebelumnya.
  11. System Auditor
    Merupakan orang yang bertugas mengaudit sebuah sistem komputerisasi dan menemukan kelemahan-kelemahan sebuah sistem komputerisasi sehingga hasil audit itu dapat digunakan untuk mengembangkan sistem yang ada menjadi lebih sempurna lagi.
  12. User
    Merupakan orang yang menggunakan sistem komputer yang ada.

Itulah sekilas pembahasan tentang pengenalan komputer, semoga dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi para pembaca sekalian, sampai jumpai di pembahasan dan informasi berikutnya dari kami. Terimakasih sudah mampir, jangan sungkan bertanya dan memberikan masukan dikolom komentar ya.

Baca Juga :

Sejarah Komputer (Komputer dan Jaringan Dasar)
Pengenalan Komputer (Komputer dan Jaringan Dasar)
Pengenalan MotherBoard (Komputer dan Jaringan Dasar)
Pengenalan Processor (Komputer dan Jaringan Dasar)
Pengenalan RAM dan Card Tambahan (Komputer dan Jaringan Dasar)
Pengenalan Media Penyimpanan (Komputer dan Jaringan Dasar)
Komponen Perangkat Input dan Output Pada Komputer (Komputer dan Jaringan Dasar)
Perakitan Personal Computer (Komputer dan Jaringan Dasar)
Pengenalan Setup BIOS (Komputer dan Jaringan Dasar)
Troubleshooting Pada Komputer (Komputer dan Jaringan Dasar)
×

Hello!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email kepada kami

admin@smkn1panjalu.sch.id

× Ada yang bisa dibantu?