Fitur efek pada gambar vektor adalah teknik manipulasi gambar vektor dengan menggunakan efek- efek yang tersedia.   Beberapa fitur efek yang dapat digunakan adalah sebagai berikut :

1. Efek Blend. Mengisi ruang yang kosong dengan bentuk 3D pada dua objek yang telah dibuat

2. Efek Countour. Memberi bagian yang sama dengan ukuran atau resolusi yang sebanding dalam  objek asli

3. Efek Distort. Merubah bentuk objek asli menjadi abstrak sesuai dengan keinginan

4. Efek Drop Shadow. Memberi bayangan pada objek sesuai dengan pengaturan arah datang cahaya

5. Efek Envelope. Menyunting objek yang telah dibuat

6. Efek Extrude. Membuat satu objek menjadi 3D sesuai dengan dimensi yang dapat diatur

7. Efek Transparancy. Merubah objek menjadi transparan atau tembus pandang

Untuk mempermudah kerjaan kita. Yang kita bahas hanya pemahaman atau konsep dasarnya saja, Pertama, buat dua objek berupa kotak yang saling tumpang tindih, satu dikasih warna hijau dan orange. Simpan kotak warna orange diatas kotak warna hijau dan mulai kita mainkan. Fitur ini muncul di property bar, ketika kita memilih 2 objek. Jadi untuk contoh kita, klik kotak warna hijau, tekan shift (tahan) lalu klik kotak warna orange. Nah di property bar muncul 7 fitur untuk menggabungkan atau memotong antar 2 kotak tersebut yang akan kita bahasa satu persatu.

  1. Weld

Weld berfungsi menggabungkan 2 kotak tersebut jadi sebuah objek baru. Warna dari objek baru hasil penggabungan 2 kotak tersebut akan mengikuti objek terakhir yang kita pilih. Jadi jika yang kita klik lebih dulu adalah kotak warna hijau lalu kemudian kotak warna orange maka hasil objeknya akan berwarna orange. Jika sebaliknya maka hasil objeknya akan berwarna hijau.

2. Trim

Trim berfungsi untuk memotong objek dengan objek lain yang bersinggungan. Pada trim objek pertama yang diseleksi akan memotong objek kedua yang diseleksi. Untuk contoh kita, si Hijau (Kotak Berwarna Hijau) yang pertama kita klik akan memotong si Orange (Kotak berwarna orange) yang di klik / seleksi terakhir, meskipun si Orange berada di atas si Hijau.

3. Intersect

Intersect berfungsi untuk mendapatkan objek baru hasil dari persinggungan dua objek. Pada contoh kita maka akan dihasilkan kotak baru didaerah persinggungan si Hijau dan si Orange. Biar lebih jelas kita pisahkan dan beri warna Biru.

4. Simplify

Sejujurnya saya sering menggunakan fitur ini, karena hampir sama dengan Trim. Bedanya Simplify tidak terpengaruh oleh objek mana yang kita seleksi lebih dulu, yang jadi patokan adalah objek yang berada di atas akan memotong objek yang bersinggungan yang berada di bawahnya.

5. Front Minus Back dan Back Minus Front

Seperti namanya, maka fitur Front Minus Back akan memotong objek yang paling atas oleh objek yang ada dibawah dan objek yang berada di bawah tersebut akan langsung hilang. Sederhananya seperti dihapus oleh objek yang berada di bawah . Dalam contoh  kita, si Orange akan terpotong oleh si Hijau yang berada di bawahnya dan si Hijaunya langsung menghilang. Hasilnya ditunjukan pada gambar kedua.

6. Create A New Object That Surrounds The Selected Objects

Fitur ini berfungsi untuk menghasilkan objek baru dari hasil penggabungan 2 objek yang diseleksi. Hasilnya mirip hasil Weld, bedanya 2 objek pembentuknya masih ada sedangkan pada Weld 2 objek pembentuknya sudah tidak ada. Lihat gambar biar lebih jelas.

Semoga bermantafat , jangan lupa untuk bagikan artikel ini jika bermanfaat dan tulislah komentar bila ada kesalahan, gambar diatas adalah contoh jadi tidak sesuai dengan warna yang dituliskan. jangan lupa like dan sahre materi ini.

Powered By EmbedPress