Pada mata pelajaran Administrasi Infrastrukut Jaringan Kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMKN 1 Panjalu, kali ini akan belajar bagaimana Cara Konfigurasi Menghubungkan 2 Buah Jaringan Dengan 1 Router Pada Cisco Packet Tracer/ Cisco Tracer Mobile. Sebelum kita memulai konfigurasi alangkah lebih baiknya kita mengenal terlebih dahulu aplikasi Cisco Packet Tracer ini.

Cisco Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Fitur Fitur Packet Tracer

Beberapa fitur dari aplikasi simulasi packet tracer diantaranya :

  • Dapat melakukan simulasi pada layer aplikasi
  • Memiliki fitur Routing dasar RIP
  • Memiliki fitur Routing OSPF
  • Memiliki fitur Routing EIGRP
  • Terdapat fitur BGP pada versi 6.2
  • Simulasi ini termasuk materi untuk mendapatkan sertifikat licensee CCNA maupun CCNP

Fungsi dan Kegunaan Packet Tracer

Packet tracer berfungi sebagai perangkat simulator jaringan komputer yang telah banyak digunakan oleh universitas, sekolah hingga developer untuk melakukan pembelajaran dan penelitian. Dengan harga perangkat asli yang masih relatif mahal, aplikasi ini bisa menjadi solusi untuk melakukan percobaan.

Dengan kapasitas aplikasi yang tidak lebih dari 200 MB, dapat di pasang pada berbagai jenis sistem operasi maupun type dari sistem operasi baik 32/64 bit untuk windows.

Packet tracer juga berguna untuk pemahaman abstrack terhadap konsep jaringan seperti, Enchanced Interior Gateway Routing Protocol (EIGRP) dengan mengaktifkan unsur-unsur dalam bentuk visual atau animasi. Dalam dunia pendidikan juga bisa digunakan sebagai fungsi sistem authoring protocol jaringan simulasi untuk penilaian.

Kesimpulan

Cisco Packet Tracer / Cisco Tracer Mobile adalah aplikasi simulasi jaringan yang dibuat oleh sisco systems, untuk dipergunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan jaringan dengan menggunakan perangkat-perangkat jaringan dari cisco systems.

Setelah kita membahas dan tahu apa itu Cisco Packet Tracer, selanjutnya kita langsung saja ke Cara Konfigurasi Menghubungkan 2 Buah Jaringan Dengan 1 Router Pada Cisco Packet Tracer/ Cisco Tracer Mobile.

Silakan simak dan pelajari cara konfgurasinya pada VIdeo berikut ini :

Dari pembahasan video diatas dapat disimpulkan :

  • Pertama pastikan sudah memiliki dan memasang (install) aplikasi cisco packet tracer / cisco tracer mobile, kemudian buka aplikasi cisco packet tracer / cisco tracer mobile.
  • Selanjutnya buat topologi jaringannya dan tentukan IP Address nya sesuai keinginan kalian. Contoh :
  • Setelah kita menentukan topologi jaringan dan IP Address, langkah berikutnya adalah melakukan konfigurasi IP Address pada router dan IP Addres pada semua komputer sesuai yang kalian tentukan sebelumnya.
  • Yang harus di ingat, jangan lupa memberikan IP Gateway pada setiap komputer client sesuai jaringannya. (Jangan sampai keliru memasukan IP Gateway.
  • Dari mana IP gateway untuk komputer diambil??? IP Gateway diambil dari IP Address Router yang terhubung dijaringan yang sama. Fungsi dari IP Gateway tentunya sebagai pintu gerbang keluar masuknya jaringan.
  • Apabila kalian tidak meberikan IP Gateway atau Keliru memasukkan IP Gateway pada komputer client, dipastikan komputer tidak bisa saling terhubung ke jaringan yang berbeda.

Itulah pembahasan Cara Konfigurasi Menghubungkan 2 Buah Jaringan Dengan 1 Router Pada Cisco Packet Tracer/ Cisco Tracer Mobile. Silakan dipraktikan sendiri dirumahnya masing-masing, baik itu menggunakan Laptop (Komputer) ataupun Smartphone Android (iPhone). Buat topologi dan juga IP Addressnya sesuai keinginan kalian (dicoba untuk tidak menggunakan IP Address yang sudah digunakan pada contoh diatas), kalian boleh gunakan IP Address Kelas A, B atau C yang kalian tentukan sendiri. Hasil praktiknya silakan bisa langsung dikirim ke email atau via Whatapp beserta laporannya (langkah-langkah konfigurasinya). Semoga sukses. Sampai jumpa di pembahasan dan praktik-praktik berikutnya. Terimakasih.

BACA JUGA :

PENGERTIAN, KONSEP, JENIS-JENIS, PRINSIP DAN CARA KERJA ROUTING
Belajar Desain Jaringan Komputer Menggunakan Aplikasi Cisco Packet Tracer Mobile