Pada kesempatan ini akan membahas tentang konsep teknologi web page (aplikasi web) pada pemrograman web. Diantaranya akan membahas profesi dalam pengembangan aplikasi web, sejarah web, cara kerja web dan perangkat pengembang aplikasi web.

KOMPETENSI DASAR

3.1. Memahami konsep teknologi aplikasi web.

4.1. Menyajikan berbagai teknologi pengembang aplikasi web.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan  diskusi  kelompok  dalam pembelajaran  konsep  teknologi  aplikasi  web  ini, diharapkan  siswa melakukan kerjasama, disiplin dalam kegiatan pembelajaran menemukan, dan bertanggungjawab  dalam pembelajaran serta dapat.

  • Memahami profesi dalam bidang teknologi informasi
  • Memahami profesi dalam pengembangan aplikasi web
  • Memahami sejarah web
  • Memahami cara kerja web
  • Menyajikan cara kerja web
  • Memahami alur pengembangan aplikasi web
  • Memahami perangkat pengembangan aplikasi web
  • Memahami alur pengembangan aplikasi web
  • Menyajikan perangkat pengembangan aplikasi web

A. PROFESI DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI WEB

Ada banyak ragam dalam profesi di dalam bidang Teknologi Informasi, bagaimana dengan profesi yang berada dalam lingkungan pengembangan aplikasi web? Berikut ini adalah profesi-profesi yang langsung terkait dalam pengembangan aplikasi web, diantaranya :

  1. Web Designer

Seorang  desainer  Web adalah orang yang bertanggung  jawab untuk menentukan  tampilan  sebuah website

  1. Web Programmer

Web Programmer bertugas dalam melakukan pengcodingan  atau pemograman sebuah website agar dinamis.

  1. Web Administrator

Tugasnya adalah untuk memaintenance  suatu server, mengerti akan Sistem Operasi Server, baik itu mulai dari instalasi sampai kepada masalah (troubleshooting)

  1. Web Master

Seoarang Web Master adalah seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari disain, program dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggun jawabkan atas jalannya suatu situs (web).

B. SEJARAH WEB

Internet  adalah  jaringan  komputer  yang  saling  terhubung.  Tidak  ada  perusahaan  yang  memiliki internet, yang merupakan upaya kerja sama diatur oleh sistem standar dan aturan. Tujuan dari menghubungkan  komputer  bersama-sama, tentu saja, adalah untuk berbagi informasi.  Ada banyak cara  informasi  dapat  dikirimkan  antar  komputer,  termasuk email,  transfer  file  (File  Transfer Protocol), dan banyak layanan yang lebih khusus yang dibangun dalam layanan Internet. Metode ini standar untuk mentransfer data atau dokumen melalui jaringan dikenal sebagai protokol.

WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN : Organisation Europeenne  pour la Recherche  Nucleaire),  Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee  membuat pengajuan  untuk proyek pembuatan  hiperteks global, kemudian  pada bulan Oktober  1990, ‘World Wide Web’ sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

C. CARA KERJA WEB

Bagaimana  cara kerja website?  Cara kerja website  pada dasarnya  yaitu input,  proses  dan output. Website adalah halaman informasi  yang disediakan  melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet.

Website  merupakan  komponen  atau  kumpulan  komponen  yang  terdiri  dari  teks,  gambar,  suara, video, animasi dan lain sebagainya. Sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi. Semua website pasti mempunyai domain dan web server. Domain bisa kita analogikan sebagai alamat rumah, sedangkan web server sebagai rumah untuk menyimpan  berbagai perabotan rumah tangga.

Bagaimana cara website bekerja?

  1. Pertama, misal Anda ingin mencari informasi melalui mesin pencari (search engine) Google.
  2. Tentunya   Anda  terlebih   dahulu akan  menjalankan   aplikasi  web  browser   baik  itu  Internet Explorer, Mozilla, Chrome, Opera, dan lain sebagainya yang telah terkoneksi internet.
  3. Anda  lalu mengetikan  URL (Uniform  Resource  Locator)  atau domain  di web browser,  misal www.google.com atau google.com.
  4. Nah pada saat itu domain yang Anda ketikkan tersebut  perlu diterjemahkan  menjadi  alamat IP karena  komputer  Anda  sebenarnya  hanya  bisa  mengakses  alamat  IP. Tugas  penerjemahan  ini dilakukan oleh Domain Name System (DNS), karena itu komputer Anda akan meminta bantuan DNS server yang terdaftar untuk menerjemahkan nama domain tersebut. DNS server menemukan alamat google.com dan memberikan alamat IP-nya kepada browser Anda. Browser Anda segera menuju server dengan alamat IP yang didapatkan  dari DNS server dan meminta halaman yang tersedia didalam web server tersebut.
  5. Setelah  web  server  menerima   permintaan   (request),   web  server  lalu  akan  memprosesnya (process) dan memberikan hasil data (output). Untuk lebih jelasnya silahkan lihat ilustrasi gambar cara kerja website di bawah ini.

D. PERANGKAT PENGEMBANG APLIKASI WEB

Untuk  perangkat  pengembangan  aplikasi  web  dapat  dikelompokan  menjadi  perangkat  keras  dan perangkat lunak.

  1. Perangkat Keras

Untuk   lingkungan   pengembangan   web   yang   nyaman,   berikut   ini   peralatan   yang   sebaiknya disediakan:

  • Komputer  Utama, dengan operating system Macintosh,  Windows,  ataupun Linux. Perusahaan pengembangan web profesional cenderung berbasis Macintosh.
  • Memori   tambahan, sebaiknya   computer   memiliki   memori   yang   besar,   karena   dalam pengembangan web cenderung kita akan membuka beberapa aplikasi sekaligus.
  • Sebuah monitor besar, meskipun bukan keharusan, monitor besar memudahkan untuk desainer visual.  Semakin  besar monitor,  semakin  banyak jendela  dan panel kontrol  dapat terbuka  pada waktu yang sama.
  1. Perangkat Lunak

Untuk perangkat lunak pengembangan web dapat dikelompokkan menjadi beberapa, diantaranya :

a. Web Page Authoring

Ini adalah kelompok  perangkat  lunak seperti desktop publishing  tetapi format yang dihasilkan adalah halaman web. Aplikasi ini biasanya bersifat “WYSIWYG”  (What You See Is What You Get, dibaca “whizzy-wig”)  yaitu apa yang kamu lihat, itulah yang kamu dapatkan. Jadi aplikasi ini biasanya ketika membuat tampilannya seperti yang akan dihasilkan.

Beberapa contoh aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini  :

  • Adobe Dreamweaver, aplikasi ini berbayar dan dibawah lisensi perusahaan Adobe, aplikasi ini banyak digunakan oleh pengembang web. Memiliki banyak fasilitas dan fiture.
  • Microsoft  Expression  Web  (lisensi  dari  Windows).  Bagian  dari  Microsoft’s  suite  yang merupakan aplikasi perancangan professional.
  • Nvu (Linux, Windows, dan Mac OS X). Tidak ingin membayar untuk Editor WYSIWYG?

Nvu  (diucapkan  N-view,  untuk  “pandangan  baru”)  adalah    sebuah  aplikasi  open  source (sumber  terbuka)  yang  cocok  dengan  banyak  fitur  dalam  Adobe  Dreamweaver,  dan dapat diunduh secara gratis di nvu.com.

b. Editor

Ini  adalah  kelompok  perangkat  lunak  yang  kebalikan  dari  Adobe  Dreamweaver   Microsoft Expression Web. Aplikasi ini tidak lagi “WYSIWYG” (What You See Is What You Get”) tetapi lebih ke kode HTML. Beberapa contoh aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini :

  • TextPad (Windows saja). TextPad adalah plain-text sederhana dan murah untuk editor kode di Windows.
  • Teks  Sublime  (Window,  Mac,  Linux).  Editor  teks  ini  terlihat  dipreteli  namun  memiliki banyak fungsi (seperti kode warna dan ikhtisar kode penuh) bagi pengembang web.
  • Coda oleh Panic (hanya Macintosh). Pengguna Coda seperti alur kerja yang visual, alat-alat manajemen file, dan built-in akses terminal.
  • Textmate  oleh  MacroMates  (hanya  Macintosh).  Editor  teks  canggih  ini  memiliki  alat manajemen  proyek  dan  antarmuka  yang  terintegrasi  dengan  sistem  operasi  Mac.  Hal  ini semakin populer karena disesuaikan, kaya fitur, dan murah.
  • BBEdit oleh Bare Bones Software (hanya Macintosh). Untuk pengembang web banyak fitur shortcut yang besar telah membuat editor terkemuka berbasis Mac.

c. Aplikasi Editing Gambar dan Menggambar

Untuk menambahkan gambar ke halaman web, akan perlu program editing gambar. Berikut ini beberapa aplikasi yang cukup populer :

  • Adobe  Photoshop.  Photoshop  dapat  dikatakan  sebagai  standar  industri  untuk  penciptaan gambar baik dalam cetak maupun dunia web.
  • Adobe Photoshop Elements. Versi ini lebih ringan dari Photoshop dirancang untuk mengedit foto dan manajemen,  tetapi beberapa penggemar  menemukan  bahwa ia memiliki semua alat yang diperlukan untuk menempatkan gambar pada halaman web.

Itulah pembahasan tentang profesi dalam pengembangan aplikasi web, sejarah web, cara kerja web dan perangkat pengembang aplikasi web. Semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan buat semunya. Apabila ada yang kurang dipahami atau ada masukan dan saran serta referensi lainnya, silakan isi pada kolom komentar. Salam sukses. Terimakasih.

BACA JUGA :

ALUR PENGEMBANGAN APLIKASI WEB (PEMROGRAMAN WEB SMK RPL)