Kompetensi dasar yang kedua pada Mata Pelajaran Administrasi Insfrastruktur Jaringan Kelas XII TKJ Semester I (Ganjil), kita akan mempelajari materi lanjutan dari firewall yaitu tentang permasalahan pada firewall.

Saat anda ingin mensetting firewall pada komputer anda tampil pesan Due to an unidentified problem, Windows cannot display Windows Firewall settings, apa yang terjadi? Menurut informasi dari microsoft adalah sebagai berikut :

  • Windows Firewall/Internet Connection Sharing (ICS) is not displayed in the Services list in Control Panel.
  • Windows Firewall/Internet Connection Sharing (ICS) is displayed in the Services list, but you cannot start this service.
  • anda menerima pesan galat “Due to an unidentified problem, Windows cannot display Windows Firewall settings.” ketika anda mencoba mengakses setting windows firewall

Permasalahan :

Masalah ini disebabkan file SharedAccess.reg hilang atau rusak. sebuah File yang mewakili SharedAccess.reg layanan Windows Firewall.

Penyelesaian :

Untuk mengatasi masalah ini, gunakan salah satu metode berikut :

Metode 1:

Cari “Setup API InstallHinfSection” fungsi untuk menginstal Windows Firewall

Untuk menginstal windows firewall ikuti langkah-langkah ini

  • klik start, klik run, ketik cmd, kemudian klik ok
  • pada prompt perintah, ketik baris berikut
  • Rundll32 setupapi,InstallHinfSection Ndi-Steelhead 132 %windir%\inf\netrass.inf kemudian tekan ENTER
  • Restart Windows,
  • klik start, klik run, ketik cmd, kemudian klik ok
  • pada prompt perintah, ketik baris berikut Netsh firewall reset kemudian tekan ENTER.
  • klik start, klik run, ketik firewall.cpl dan kemudian tekan ENTER. Dalam kotak dialog Windows Firewall, klik On (disarankan), dan kemudian klik OK.

Metode 2:

Karena untuk metode ke 2 ini sedikit bermain dengan regsitry, jadi saya sarankan anda untuk memabaca lebih detail pada situs microsoft itu sendiri klik disini untuk mulai membaca.

Informasi tambahan:

Untuk memverifikasi bahwa Layanan Windows Firewall telah berjalan, ikuti langkah berikut

  • klik start, klik run, ketik services.msc , kemudian klik ok
  • Dalam daftar layanan, cari Windows Firewall / Internet Connection Sharing (ICS). Perhatikan bahwa status layanan Started tandanya windows firewall sudah aktif.

Cara yang lain :

  • download file sharedaccess.reg
  • setelah di download kemudian extract dulu,,
  • double klik file sharedaccess.reg agar di merge dengan registry di windows
  • kemudian restart komputer anda.
  • setelah restart,
  • pada run, ketik cmd
  • muncul command console, ketik netsh firewall reset
  • kemudian coba buka firewall,,

Apabila masih belum bisa :

  • pada run, jalankan command ini,
  • rundll32 setupapi,InstallHinfSection Ndi-Steelhead 132 %windir%\inf\netrass.inf
  • restart komputer
  • setelah restart, pada run ketik  cmd /k netsh firewall reset
  • coba buka kembali firewall anda,,

Masih belum bisa lagi coba :

  • pada run ketik, netsh winsock reset
  • kemudian restart
  • cek windows firewall anda.

Cara Mengatasi Windows Firewall yang tidak bisa dibuka (error)

Permasalahan:
Masalah ini disebabkan oleh SharedAccess.reg hilang atau file rusak. sebuah File yang mewakili
SharedAccess.reg layanan Windows Firewall .
Penyelesaian:
Untuk mengatasi masalah ini, gunakan salah satu metode berikut
Download file sharedaccess.reg, setelah di download kemudian extract dulu,, double klik file sharedaccess.reg agar di merge dengan registry di windows kemudian restart komputer anda.
Cara 1:
Panggil “Setup API InstallHinfSection” fungsi untuk menginstal Windows Firewall
Untuk menginstal windows firewall ikuti langkah-langkah ini
    * klik start, klik run, ketik cmd, kemudian klik ok
    * pada prompt perintah, ketik baris berikut :
Rundll32 setupapi,InstallHinfSection Ndi-Steelhead 132 %windir%\inf\netrass.inf kemudian tekan ENTER
    * Restart Windows,
    * klik start, klik run, ketik cmd, kemudian klik ok
    * pada prompt perintah, ketik baris berikut Netsh firewall reset kemudian tekan ENTER.
      klik start, klik run, ketik firewall.cpl dan kemudian tekan ENTER. Dalam kotak dialog Windows
Firewall, klik On (disarankan), dan kemudian klik OK.

Cara 2:
Karena untuk metode ke 2 ini sedikit bermain dengan regsitry, jadi saya sarankan anda untuk memabaca
lebih detail pada situs microsoft itu sendiri klik disini untuk mulai membaca.
informasi tambahan:
Untuk memverifikasi bahwa Layanan Windows Firewall telah berjalan, ikuti langkah berikut
    * klik start, klik run, ketik services.msc , kemudian klik ok
    * Dalam daftar layanan, cari Windows Firewall / Internet Connection Sharing (ICS). Perhatikan
bahwa status layanan Started tandanya windows firewall sudah aktif.
Apabila masih belum bisa juga, maka kita perlu langkah terakhir yaitu windows di install ulang. 🙂 Semoga Bermanfaat.

Teknik Konfigurasi Ulang Firewall

Setiap komputer dengan sistem operasi Windows selalu dilengkapi Windows Firewall di dalamnya. Fitur Windows Firewall berfungsi untuk melindungi komputer dari serangan-serangan malware atau program jahat lain terutama yang menyerang dan menyebar melalui jaringan dan intemet. Lebih lanjut, fitur ini berfungsi untuk menyaring dan memblokir data-data yang ditransfer melalui jaringan dan internet serta dianggap mencurigakan. Dengan proteksi jaringan menggunakan Windows Firewall, komputer dapat senantiasa aman dan terjaga karena fitur ini langsung bekerja dan stanby sejak komputer dinyalakan.

Windows Firewall juga mampu memblokir program atau perangkat lunak yang berusaha mengakses jaringan agar program tersebut tidak bisa mendapatkan akses jaringan. Maka, komputer pun terhindar dari serangan atau infeksi malware, virus, ataupun program jahat lainnya. Jika Windows Firewall diaktifkan maka program baru yang akan meminta akses jaringan atau intemet biasanya akan dikonfirmasi oleh Windows Firewall untuk membuka blok (Unblock) akses jaringan, terutama program yang meminta akses jaringan privat (Private Network).

Pengaturan atau setting Windows Firewall standar sangat direkomendasikan untuk pengguna karena Windows Firewall akan selalu aktif dan berada pada pengaturan aman yang paling disarankan. Seiring penggunaan komputer oleh pengguna biasanya pengaturan default tersebut diubah. Misalnya, pengguna membutuhkan suatu program untuk mengakses interet sehingga pengguna membuka blok atau bahkan mematikan (non-aktifkan) Windows Firewall, atau bahkan penggunaan antivirus tertentu yang justru menyarankan untuk mematikan Windows Firewall agar tidak bentrok dengan antivirus. Padahal, mematikan atau mengubah pengaturan Windows Firewall dapat meningkatkan potensi komputer terhadap serangan dan infeksi program jahat seperti virus dan malware.

Tentu saja jika demikian, pengguna perlu melakukan pengaturan ulang atau me-reset (restore) setting ke pengaturan standar atau default. Pengaturan Windows Firewall terdapat pada menu di Control Panel. Untuk mengembalikan atau reset dan restore pengaturan Windows Firewall ke pengaturan standar (default) melalui setting pada Control Panel, kita dapat mengikuti cara berikut:

a. Ada baiknya putuskan dulu koneksi dengan jaringan dan internet,
b. Bukalah Control Panel > Windows Firewall.

Memperbaiki Firewall

Firewall merupukan salah satu fasilitas yang dimiliki oleh sistem operasi Windows (semua versi Windows). Firewall digunakan untuk melindungi sistem operasi dari operasi ilegal yang datang dari luar dengan menyaring semua data operasi yang akan masuk ke dalam sistem komputer. Kemudian, firewall akan sangat berperan ketika komputer kita terkoneksi dengan jaringan internet. Peran firewall di sini adalah untuk mengizinkan atau menolak data yang hendak masuk ke dalam komputer kita dari internet. Jika diizinkan, data akan masuk ke dalam komputer kita dengan aman. Namun jika tidak, maka firewall akan memblokir data tersebut dan menghalanginya supaya tidak masuk ke dalam sistem komputer kita.

Akan tetapi, apakah terbayangkan oleh Anda jika suatu saat firewall yang kita gunakan mengalami masalah? Misalnya, eror karena file corrupt. Tentunya untuk setiap sistem atau program pasti akan ada saatnya eror. Kemudian, ketika firewall eror, maka kita akan sangat repot ketika hendak koneksi ke internet. Firewall yang eror atau korup memiliki kebiasaan memblokir semua jalur port internet. Akibatnya, kita tidak bisa terkoneksi dengan internet karena perlakukan firewall tersebut. Meskipun kita telah mematikan operasi firewall melalui control panel Firewall, operasi Firewall yang sudah korup tidak bisa dihentikan karena terdapat file firewall yang korup dan tidak dapat bekerja dengan semestinya lagi.

Firewall yang korup akan menutup semua port jalan keluar-masuk dari sistem komputer dan jalan keluar paling mudah untuk orang awam adalah instal ulang Windows atau repair Windows. Pekerjaan demikian tentu saja memakan waktu yang sangat lama (tergantung spek komputer yang dipakai). Namun belakangan ini, ada suatu perangkat lunak yang dapat memperbaiki firewall yang korup dengan mudah dan cepat. Repair Windows Firewall, begitu orang menyebutnya. Repair Windows Firewall bekerja di bawah sistem operasi Windows yang akan memperbaiki firewall dari Windows tersebut. Perangkat lunak ini berukuran sangat kecil, tetapi dapat dibilang sangat membantu kita dalam mengatasi firewall yang bermasalah.

Menggunakan perangkat lunak ini tidaklah sulit karena dibuat portable. Kita tinggal mengekstrak flle yang diunduh dan menjalankan flle repair.exe, maka perangkat lunak akan jalan. Kemudian, kita tinggal mengklik Start pada program tersebut untuk memulai perbaikan. Selanjutnya, perbaikan akan dilakukan secara otomatis dan selesai secara otomatis juga.