Pada pembahasan kali ini yaitu akan membahas tentang pembiakan tanaman secara vegetatif pada jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH). Selamat Belajar.

1.  Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, anda mampu memahami konsep perkembangan vegetatif, sikap-sikap yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan pembiakan secara vegetatif, dan terampil  melaksanakan pembiakan secara vegetatif  serta bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan  tanaman ini sehingga dapat dinikmati oleh manusia.

a.   Penugasan Siswa

1)  Pembiakan Tanaman Secara Vegetatif  Alami

Tugas Pertama

Mari  kita  mulai  pembelajaran ini dengan proses mengamati gambar, diskusi-tanya jawab, menyimpulkan dan mengkomunikasikan hasil.

Dibawah   ini   ada   6   gambar   jenis   tanaman   yang   di   duga   dapat dikembangkan secara vegetatif, dengan  tunas, umbi dsb.

Gambar Beberapa Tanaman Berkembang biak secara vegetatif

1.   Pertanyaannya adalah, melalui apa tanaman dalam gambar tersebut di atas berkembang biak ?

Sebagai latihan awal cobalah   kita amati gambar tanaman cocor bebek dibawah ini. Pada tanaman ini   setelah   daun   dewasa akan tumbuh tunas-tunas  kecil yang kemudian keluar akarnya dan jika dipisahkan  akan  menjadi  tanaman  baru.  Berarti  tanaman  cocor bebek ini berkembang vegetatif secara alami dengan tunasnya.

Gambar Tanaman Cocor bebek tumbuh Tunas

Cobalah dengan membentuk kelompok terdiri 4-5 siswa, dan pilih salah satu sebagai ketua kelompok, Anda akan mengamati dan berdiskusi tentang tanaman bawang merah, tanaman kentang, tanaman wortel, tanaman stroberi dan tanaman lengkuas seperti contoh di atas. Tanyakan pada teman anda dalam diskusi kelompok atau pada guru  hal-hal  yang  terkait  dengan  pembiakan  vegetatif alami tanaman ini,  melalui apa tanaman tersebut berkembang biak?

1. Bersama teman dalam kelompok catatlah hasil pengamatan dan pertanyaan yang sudah terjawab tersebut kemudian susunlah dalam bentuk kesimpulan bersama untuk menjawab pertanyaan Apa yang menyebabkan sebuah tanaman dikatakan dapat berkembang secara vegetatif alami ?

2.   Komunikasikan hasil jawaban Anda dalam kelompok buatlah dengan bentuk sebuah presentasi, kemudian ketua kelompok akan membacakan hasil kesimpulan tersebut dalam forum diskusi.

Gambar Metode Inquiri

Contoh lembar pengamatan

N0JENIS TANAMANBERKEMBANG DENGAN :SUMBER INFORMASI
1Cocor BebekMelalui  daun,  membentuk tunasWikipedia indonesia, buku
2Bawang merah  
3Kentang  
4Wortel  
5Stroberi  
6Jahe  

Dari  hasil  pengamatan  gambar  dan  diskusi  kelompok  maka simpulkanlah untuk menjawab pertanyaan Apa yang menyebabkan sebuah tanaman dikatakan dapat berkembang secara vegetatif alami?

2.  Uraian Materi

Pembiakan vegetatif dibagi menjadi dua yaitu pembiakan vegetatif alami dan pembiakan vegetatif buatan. Pembiakan vegetatif tanpa bantuan manusia disebut pembiakan vegetatif alami. Alat pembiakannya tumbuh dengan sendirinya  dari  tumbuhan melalui tunas,  umbi,  geragi (stolon),   spora,  dan rhizoma.

a.   Tunas

Pernahkah kamu memperhatikan tanaman cocor bebek? Pada tepi dan ujung daun yang telah tua terdapat tunas. Jika ditanam, tunas itu akan tumbuh menjadi tanaman baru. Tunas itu disebut tunas adventif. Tanaman lain yang berkembang biak dengan tunas, yaitu pisang, cemara, bambu, sukun, dan tebu. Pada tanaman ini tunas adventif tumbuh pada akar.

Gambar Tanaman Cocor bebek

b.   Umbi

Pernahkah  anda  melihat  ubi  jalar  yang  ada  tunasnya?  Umbi  ada  yang berupa umbi batang, umbi akar, dan umbi lapis. Jika tanaman yang berkembang biak dengan umbi ditanam, dari umbi keluar akar dan tunas sehingga tumbuh tanaman baru. Umbi yang ditanam menjadi sumber makanan bagi pertumbuhan tanaman sebelum mengisap makanan sendiri

dari  tanah.  Contoh  tanaman yang berkembang biak dengan umbi:  Umbi batang : kentang, Umbi lapis : bawang merah, bawang putih. Umbi akar : wortel.

Macam-macam Umbi :

  • Umbi lapis

Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi lapis adalah: bawang bombay, bawang merah, bawang putih, bunga bakung, bunga tulip

Gambar  Umbi Bawang Merah

Umbi adalah bagian tanaman yang membengkak dalam tanah karena menyimpan  cadangan  makanan. Umbi  lapis  merupakan  umbi yang berlapis-lapis dan tumbuh tunas di tengahnya. Umbi lapis baru yang berasal dari ketiak terluar akan tumbuh membentuk tunas. Pada umbi lapis, tunas tumbuh diantara daun dan cakram.  Contoh tanaman yang berkembangbiak dengan umni lapis diantaranya adalah bawang, bunga tulip dan lain-lain.

  • Umbi batang

Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi batang adalah:

kentang dan ubi jalar.

Gambar Umbi Kentang

  • Umbi akar

Umbi akar merupakan bagian akar yang membesar karena berfungsi sebagai tempat cadangan makanan

Ciri-ciri umbi akar:

·    tidak berbuku-buku

·    tidak mempunyai kuncup dan daun

·    tidak mempunyai mata tunas

Tanaman yang berkembang biak dengan umbi akar, misalnya wortel dan bunga dahlia

Gambar Umbi Wortel

c.   Geragih (Stolon)

Geragi atau stolon adalah batang yang tumbuh dan menjalar di permukaan tanah.   Stolon tersusun atas ruas-ruas, setiap ruas yang menempel pada tanah akan membentuk akar dan tumbuh tunas baru.  Tanaman baru akan tumbuh pada ruas-ruasnya dan tidak bergantung pada induknya.   Jenis tanaman yang berkembang biak dengan stolon diantaranya adalah stroberi, pegagan atau antanan dan rumput teki.

Gambar Tanaman Stroberi

d.   Spora

terdapat pada tumbuhan paku, lumut , jenis tanaman paku-pakuan sering ditanam orang sebagai tanaman hias, contohnya suplir. Pada bagian bawah daunnya  terdapat  titik-titik berwarna cokelat  yang disebut spora.  Spora berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Jika spora jatuh ke tanah, akan tumbuh tanaman baru.

Gambar Tumbuhan Paku dan Lumut

e.   Rhizome

Rhizome (akar tinggal) adalah batang yang tumbuh menjalar dalam tanah atau disebut akar tinggal, akar rimpang, atau akar tongkat.  Tanaman yang berkembang biak dengan akar tinggal adalah lengkuas, jahe, alang-alang, kunyit, dan temulawak dan lain-lain.

Ciri-ciri akar tinggal:

·    mirip   akar   tetapi   berbuku-buku   dan   pada   ujungnya   terdapat kuncup;

·    pada setiap buku terdapat daun yang berubah menjadi sisik;

·    pada setiap ketiak sisik terdapat tunas.

Gambar Tanaman Lengkuas

Itulah sekilas pembahasan tentang pembiakan tanaman secara vegetatif, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi ya. Terimakasih.