smknpanalu.sch.id– Cara memanipulasi dengan menggunakan fitur efek di coreldraw, menggunakan fitur efek menggunakan coreldarw sangat mudah loh, sebenarnya tinggal diseleksi saja menggunakan pentool.

KD :
3.10 Menerapkan manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek
4.10 Memanipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek
Contoh gambar hasil manipulasi dengan menambah efek :

Cara Menghilangkan dan Mengganti Background Foto

Pemisahan objek dari background dalam photoshop saat ini pupuler dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan editing foto. Baik itu membuat background warna baru maupun untuk sekedar menempatkan objek pada background dengan sebuah gambar lainnya. Memisahkan objek dari background agaknya menjadi pembelajaran dasar dalam photoshop. Kali ini kita akan memberikan tutorial cara menghapus background di photoshop.

Memanfaatkan berbagai tool-tool yang ada pada toolbox, dimungkinkan pengguna dapat lebih cepat dan leluasa melakukan proses editing ini. Sekilas mungkin terdengar mudah, namun percayalah bahwa anda harus hati-hati melakukan seleksi karena bisa dimungkinkan akan ada kesalahan fatal. Kesalahan yang paling sering adalah terlalu berlebihan dalam seleksi maupun ada bagian objek yang tidak ikut terseleksi. Dalam hal ini anda tidak akan menemukan proses yang rumit, cukup dengan menggunakan tool dan lakukan seleksi pada objek lalu delete backgroundnya. Ada beberapa tool yang dapat digunakan untuk menyeleksi objek (gambar), seperti : Pen Tool, Polygonal Laso Tool, dan Quick Selection Tool, masing-masing memiliki karakter sendiri-sendiri cara kerjanya.

Kali ini kita akan menggunakan Pen Tool untuk proses seleksinya. Proses menggunakan Pen Tool memang agak lebih lama, namun hasilnya akan lebih maksimal selama anda menggunakan dengan tepat.

  1. Aktifkan Pen Tool (P)

2. Kemudian, klik satu kali pada sisi objek yang akan diseleksi sebagai langkah awal untukmenyeleksi. Selanjutnya sempurnakan proses menyeleksi dengan cara meng-klik di sekeliling/sisi objek yang akan diseleksi hingga kembali lagi ke titik awal. Jika muncul lingkaran kecil pada Pen Tool berarti sudah kembali ke titik awal ketika anda mulai menyeleksi. (catatan: istilah seleksi hanya untuk memudahkan penjelasan saja. Pada tahap ini sebenarnya kita sedang membuat Path/garis lintasan). untuk membuat seleksi ikuti langkah selanjutnya…

3. Selanjutnya untuk membuat seleksi caranya klik kanan –> pilih Make Selection… –> akan muncul kotak dialog klik OK saja.