Pada postingan kali ini akan membahas cara konfigurasi router mikrotik via cli dengan menggunakan aplikasi winbox. Winbox adalah sebuah tools yang memungkinkan seorang administrator Mikrotik dapat menggunakan fungsi GUI dan CLI pada RouterOS, winbox dapat digunakan pada Sistem operasi Linux dan MacOS (OSX) dengan menggunakan Wine. Semua fungsi interface winbox mencerminkan fungsi console (CLI) misalnya untuk menambahkan IP Address kita dapat menggunakan fungsi GUI dan fungsi console (CLI) pada New Terminal.

Berikut ini langkah-langkah konfigurasi nya :

  1. Pastikan terlebih dahulu memiliki aplikasi winbox atau bisa mendownload di situs resminya mikrotik.
  2. Pastikan laptop/komputer yang kita gunakan terhubung dengan perangkat mikrotik/RouterBoard baik melalui kabel ataupun wireless.
  3. Setelah memastikan sudah terhubung, selanjutnya buka aplikasi winbox yang sudah didownload tadi.
  4. Lakukan login menggunakan mac address atau ip address dengan password default dari mikrotik yaitu usernya admin dan passwordnya kosongkan saja alias tanpa mengisi password ya. Kemudian klik connect.
  5. Setelah masuk ke tampilan awal winbox masuklah ke menu new terminal dan mulailah lakukan konfigurasi mikrotik.
  6. Pada new terminal kita coba ketika perintah interface print maka akan muncul interface yang terpasang pada mikrotik.
  7. Langkah selanjutnya kita coba lakukan konfigurasi ip address pada interface ether1
  8. Perintah yang diketikan yaitu : ip address add address=192.168.10.2/24 interface=ether1 (IP Address untuk ether1 atau internet disesuaikan dengan IP Address dari ISP kalian ya, contoh ISP : 192.168.10.1/24 dan DNS nya : 8.8.8.8 , 8.8.4.4).
  9. Untuk terhubung ke internet jangan lupa konfigurasi juga di bagian gatewaynya, contoh : ip route add gateway=192.168.10.1 (gateway diambil dari IP Address ISP ya)
  10. Masukan juga DNSnya dengan perintah : ip dns set servers=8.8.8.8,8.8.4.4 allow-remote-requests=yes
  11. Selanjutnya untuk memberikan alamat IP Address Local atau ether2, ether3, wlan1 dan seterusnya lakukan hal yang sama dengan perintah ip address add address dimana tinggal sesuaikan IP Addressnya sesuai yang kita butuhkan, namun yang harus menjadi catatan penting adalah jangan sampai interface yang ip addreessnya satu jaringan. Karena untuk memfungsikan mikrtotik ini sebagai router maka, ip address pada setiap jaringan wajib beda.
  12. Hampir saja ada yang tertinggal konfigurasi agar jaringan local dapat mengakses internet maka wajib membuat Firewall NAT dengan perintah : ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade out-interface=ether1 (interface yang akan dilalui oleh jaringan local/interface yang terhubung langsung ke internet).

Itulah sekilas cara konfiguasi router mikrotik via CLI menggunakan aplikasi winbox, semoga bermanfaat dan menjadi bahan referensi buat pembaca. Sampai jumpa dipembahasan dan informasi berikutnya ya. Terimakasih.