Logo dan brand adalah salah satu yang sangat penting dan pastinya semua perusahaan besar mempunyai logo dan brand karena dengan dua media ini satu perusahaan dapat dikenali oleh konsumen.

Apa itu Branding? Brand, Logo dan Identitas Brand – Brand, Branding, Logo dan Identitas brand, kata-kata sederhana namun sulit untuk di ungkapkan, karena semua memiliki peran yang berbeda, yang bersama-sama, membentuk citra dan ditujukan untuk bisnis atau produk. Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar kalimat : Logo bukanlah brand (merek). Pernyataan tersebut mungkin sering kita dengar berulang kali, dan tentunya masih banyak orang diluar sana berpikir bahwa logo adalah brand.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa brand memiliki arti yang lebih luas dari logo. Pada artikel kali ini saya ingin menunjukkan tentang definisi apa itu branding, memahami dan menggunakan istilah logo dan brand, serta identitas Brand.

Apa itu logo?


Sebuah logo adalah simbol grafis yang mewakili orang, perusahaan atau organisasi. Atau lebih tepatnya sebuah logo mengidentifikasi bisnis atau produk dalam bentuk yang paling sederhana melalui penggunaan tanda atau ikon. Jika logo tersebut cukup terkenal, seperti logo Nike, Anda mungkin bahkan cukup melihat logo tanpa ada nama bisnis (Nike) dalam logo tersebut, Anda akan tetap mengetahui bahwa logo tersebut adalah milik nike. Namun juga biasanya, kebanyakan tanda memiliki bagian tipografi yang lebih jelas merinci pada nama organisasi atau perusahaanya.

Apa itu identitas brand (merek)?


Setelah logo dirancang itu akan diterapkan untuk berbagai aplikasi. Sebagai contoh seperti logo ditempatkan di bagian tengah atas selembar kertas atau sering disebut sebagai kop surat. Jika semua yang Anda lakukan pada dasarnya hanyalah menjadikan logo Anda menjadi cap logo atau stempel dan Anda tempelkan ke hal-hal yang berbeda, Anda benar-benar belum mengembangkan identitas brand secara penuh.

Apa Brand (Merek) ?


Apa itu branding? Brand atau Merek mempunyai tujuan dan makna yang lebih luas. Brand meliputi logo dan posisi visual lengkap dan dibuat dengan identitas merek yang kuat. Tetapi juga mencakup banyak aspek lain yang bukan bagian dari sisi desain yang ketat dari bisnis. Ini mungkin termasuk konten Anda, mempunyai pesan dan bercerita. Layanan pelanggan dan pengalaman klien juga merupakan bagian dari sebuah brand. Reputasi adalah bagian penting dari mendefinisikan kata Brand.

Kesimpulan

Logo dan Brand (merek) adalah dua hal yang berbeda. Keduanya sama-sama tidak bisa bekerja efektif tanpa dukungan satu sama lain. Brand membutuhkan logo sebagai representasi utama dalam membangun citra perusahaan. Sebaliknya, logo membutuhkan brand untuk mencapai fungsinya melalui bentuk bentuk yang lebih spesifik dalam membangun citra positif kepada konsumen.

Bagaimana menurut kamu? Jika punya pendapat mengenai logo dan brand, jangan ragu untuk sharing dengan yang lain di kolom komentar! 🙂